ini_bakri

Teori Permintaan Milton Fridman

1. Sekilas Profil
Milton Friedman adalah ekonom Amerika dan intelektual publik. Ia lahir di New York pada 31 Juli 1912 dan meninggal di San Francisco (California) pada16 November 2006 , karena gagal jantung. Beliau adalah bungsu empat bersaudara dari anak keluarga imigran Yahudi asal Ukraina.
Milton Friedman mendapat nobel di bidang ekonomi tanggal 13 Desember 1976 atas perhatiannya terhadap analisis konsumsi, teori dan sejarah moneter, dan menstabilkan kebijakan yang kompleks. Tahun 1977 ia berhenti sebagai dosen di Universitas Chicago dan bekerja sebagai peneliti senior di Hoover Institution of Stanford University.
2. Teori oleh Milton Friedman
Dua tema pokok dalam karya Friedman adalah pentingnya arti uang dan kebebasan. Dan tiga aspek pemikiran Friedman adalah (a) Study tentang fungsi konsumsi, (b) Argumennya tentang kesulitan dan permasalahan dalam penerapan kebijakan stabilitas, dan (c) Konstribusinya pada teori dan sejarah moneter
Friedman pernah mengemukakan pendapat yang dikenal dengan “hipotesa pendapatan permanen”, berpendapat bahwa konsumsi menyesuaikan pengeluaran mereka dengan ekspektasinya tentang pendapatan selama periode yang lebih lama.
Friedman menyatakan bahwa uang dan kebijakan moneter berperan penting dalam menentukan aktifitas ekonomi. Argumennya tentang pentingnya arti uang berasal dari teori uang kuantitatif (MV=PQ), yang berarti bahwa jumlah uang dalam perekonomian (M) dikalikan jumlah waktu yang digunakan tiap dolar dalam satu tahun untuk membeli barang (V) harus sama dengan output ekonomi yang terjual tahun itu (PQ).
Friedman berpendapat bahwa kecepatan ini tergantung pada faktor ekonomi seperti suku bunga dan perkiraan inflasi. Selain itu Friedman mengakui bahwa daripada membeli barang orang-orang lebih suka memegang uang karena alas an lain yaitu karena keamanan atau karena mereka berpikir bahwa harga persedian dan harga aset-aset yang lain mungkin akn turun. Namun studi empiris yang dilakukan Friedman menemukan bahwa faktor-faktor ekonomi ini hanya berdampak kecil pada keceptan dan dampaknya ini cenderung menurun dari waktu ke waktu. Karena kecepatan uang relative stabil, maka jumlah uanglah yang terutama berdampak pada tingkat aktivitas ekonomi.
Friedman menyatakan bahwa kapitalisme adalah sistem ekonomi terbaik karena mempromosikan kebebasan politik, dan karena pasar dapat membantu mengimbangi kekuatan politik. Karya-karya Friedman menekankan pada pentingnya uang dan pasar untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi
Ia juga menyatakan bahwa ketika mungkin uang berpengaruh pada aktivitas ekonomi dalam jangka pendek, dalam jangka panjang uang bisa nertal dan bisa tidak memiliki dampak ekonomis.
Ketika ahli ekonomi secara tradisional membedakan inflasi karana dorongan biaya dengan inflasi karena dorongan permintaan, Friedman justru menyatakan bahwa semua inflasi berasal dari terlalu banyaknya permintaan barang ketika terlalu banyak uang yang diciptakan.Karena inflasi menurut Friedman adalah semata-mata fenomena moneter, satu-satunya solusi masalah inflasi adalah harus mengendalikan pertumbuhan persediaan uang.
Friedman menunjukan bahwa otoritas moneter dapat menciptakan depresi, inflasi dan hasil-hasil ekonomi yang tidak diharapkan melalui kesalahan mereka dalam mengelola persediaan uang.
Menurut Friedman, karena bank sentral tidak dapat dipercaya untuk mengambil kebijakan yang tepat, maka bank sentral seharusnya dipaksa mengikuti aturan moneter daripada dibiarkan melakukan mismanajemen dalam persediaan uang. Dam kebijakan moneter sering salah, kata Friedman, karena penjangnya variable penundaan atau kelambanan atar masalah ekonomi saat ini dan ketika perubahan dalam persediaan uang akan mempengaruhai persediaan uang. Frieaman mengidentifikasi ketiga penundaan tersebut. Ia juga menyatakan bahwa otoritas moneter terlalu dipengaruhi oleh otoritas fiskal dan Departemen Keuangan Negara.
Gambar berikut ini menunjukkan gambar kurva indiferen dan budgdet line. Dalam teori perilaku konsumen, kurva indiferen menggambarkan dua barang yang dikonsumsi, namun disini ditukar dengan konsumsi pada periode pertama dan konsumsi pada periode kedua.

Kurva Indifferent dan Garis Anggaran untuk Konsumsi

Keterangan : Permanen Income Hypothesis
Budget line diumpamakan sebagai garis pendapatan. Ada tiga faktor yang mempengaruhinya, yaitu pendapatan pada periode pertama, pendapatan pada periode kedua dan tingkat bunga.
 OA = OB = Jumlah total pendapatan untuk periode satu dan periode kedua
 AD = Pendapatan periode kedua yang didiscount (menggunakan metode present value
 OF = Pendapatan periode kedua
 FB = Pendapatan periode pertama yang ditambah bunga (i)

 Pada saat pendapatan periode pertama Y1, konsumen mengkonsumsi barang pada periode satu sebesar C1. Sisanya DE disimpan.
 Pada periode kedua, ketikapendapatan hanya mencapai Y2, agar kepuasan maksimum,ia akan mengkonsumsi sebesar C2.
 Pada saat itu C2 > Y2, ini dapat terjadi karena konsumen menggunakan saving pada periode pertama (disebut dissaving) sebesar FG– FG = DE + bunga.

 Jadi sekarang konsumen mencapai kepuasan yang maksimum selama dua periode. Pertama ia mengkonsumsi sebesar C1 dan pada periode kedua mengkonsumsi sebesar C2.

Sehingga dengan kata lain, hipotesis Friedman ini menjelaskan bahwa konsumsi pada saat ini tidak tergantung pada pendapatan saat ini tetapi lebih pada Expected Normal Income (rata-rata pendapatan normal) yang disebut sebagai permanent income.

Fungsi konsumsinya adalah sebagai berikut:
C = f (YP, i)
YP = permanent income
i = real interest rate
Jadi apabila pendapatan konsumen itu tidak stabil, seperti pada gambar di atas, maka selalu terjadi proses saving dan dissaving. Dalam jangka panjang, real interest rate dianggap stabil, sehingga fungsi konsumen menjadi persentase dari permanent income.
CL = k YP
dimana:
CL = long run con sumption
k = konstanta, 0 < k

DAFTAR PUSTAKA

http://finda-maniez.blogspot.com/2009/06/milton-friedman.html

http://www.wikipedia.org

http://kinantiarin.wordpress.com/teori-permintaan-pemikiran-milton-friedman/

This entry was posted on Tuesday, May 15th, 2012 at 12:01 am and is filed under Uncategorized. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.

Leave a Reply